Minggu, 08 Januari 2012

TUGAS RESUME BUKU HUMAS

HUMAS
TUGAS RESUME BUKU
“MENJADI PUBLIC RELATIONS YANG HANDAL”
Pengarang : Moi Ali
Diterbikan Oleh : Dolphin Books

HITAM PUTIH.jpg

Oleh
NUR JADIDAH          098554048
DINDA AYU K.          098554055


UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS EKONOMI
PENDIDIKAN EKONOMI
ADMINISTRASI PERKANTORAN
2011

MENJADI
PUBLIC RELATIONS
YANG HANDAL









MENJADI
PUBLIC RELATIONS
YANG HANDAL


Moi Ali





DOLPHIN
BOOKS

MENJADI PUBLIC RELATIONS YANG HANDAL
Diterjemahkan dari buku        :           EFFECTIVE PR
DORSLING KINDERSLEY LIMITED
PENGUIN COMPANY, LONDON, 2001
©MOI ALI
Penerjemah                              :           FERDINAND FUAD
Penyunting                              :           DINAR ISNANIYAH Dh.
Penyelaras Akhir                     :           YESSI HERSANTI
Tata Letak                               :           NIMAS DEFI JOYODIHARJO
Desain Sampul                        :           NURYONO HADI
Pra Cetak                                :           SONY HARYONO

Cetakan                                   :           CETAKAN I, 2006
124 hal
14 X 20 cm

Diterbitkan oleh                      :           DOLPHIN BOOKS
Jl. Sorowajan No. 136 x, LT 2
Banguntapan – Bantul – Jogjakarta 55198
0274 – 7481390


ISBN : 979-24-0708-1


Dicetak oleh Hanggar Kreator, Jogjakarta
Isi diluar tanggung jawab Percetakan

COVER DEPAN










COVER BELAKANG



PENGANTAR

Public Relations memuat seperangkat keterampilan dan strategi praktis yang didesain untuk meningkatkan reputasi sebuah organisasi, membantu memperkuat hubungan dengan audiens penting, dan memungkinkan organisasi tersebut mengatasi berbagai krisis karena memiliki posisi kuat. Tidak begitu penting apakah PR (Humas) menjadi fokus utama dalam pekerjaan Anda atau hanya sekedar tambahan dalam deskripsi pekerjaan Anda, Effective Public Relations akan menuntun Anda untuk menjadi sukses. Didalamnya tercakup berbagai aspek penting dalam bidang PR (Humas) termasuk keahlian vital dalam memanfaatkan media, bagaimana mengorganisir berbagai kegiatan (event), serta bagaimana menghasilkan materi publikasi yang persuasif.
Selain itu buku ini juga menunjukkan bagaimana caranya Anda meyakinkan klien tentang kelebihan organisasi Anda. Gunakan self-assesment quetionnaire untuk mengukur tingkat ketrampilan Anda dan mengidentifikasi di wilayah mana Anda dapat berkembang. Ikuti petunjuk, bimbingan, dan saran yang dapat membantu Anda membangun dan mengembangkan ketrampilan Anda. Buku ini merupakan panduan singkat yang tak ternilai untuk suatu disiplin bisnis esensial karena disertai 101 tips.










“MENJADI PUBLIC RELATION YANG HANDAL”
By : MOI ALI

  1. Memahami Public Relation
Public relation atau PR merupakan sarana ampuh yang dapat memberi kontribusi penting untuk kesuksesan  secara organisatoris. Tujuan dari PR adalah untuk membangun pengertian dan dukungan dari audiens penting dari sebuah organisasi dan mempengaruhi opini dan sikap.
Tujuan PR yang sebenarnya adalah membangun reputasi yang bagus dengan cara berkomunikasi aktif dengan audiens. Mengantisipasi berbagai kegiatan ialah PR yang aktif bila ada isu yang akan muncul daripada harus meminta maaf pada staf atau publik atas keputusan yang salah di ambil.
Hasil dari PR (Humas) yang efektif adalah suatu citra yang bagus dan nyata berdasarkan kesungguhan komitmen untuk menyediakan pelayanan yang baik dan bagaimana menjadi pengusaha yang baik dan penuh pengertian dan organisasi bertanggung jawab . Publisitas murahan menciptakan citra tanpa kesungguhan.

  1. Menggabungkan PR Dengan Pemasaran
Memasukan PR sebagai unsur pemasaran meliputi mengembangkan produk dengan bagus dengan unsur 4P yakni (produk,harga,pasar,promosi). Bekerjasama untuk hasil maksimal , aktivitas PR dan pemasaran harus dikoordinasi.
Tujuan pemasaran membangun hubungan lebih erat dan lebih lama dengan klien aktivitas PR yang mendukung ialah Mengorganisasi kegiatan ramah tamah perusahaan atau mengirim surat pemberitahuan empat bulanan kepada pelanggan.

  1. Berkomunikasi Secara Efektif
Memahami komunikasi yang baik memungkinkan untuk membangun hubungan berkelanjutan dengan audient anda. Menjamin adanya komunikasi 2 arah lain merasa mudah dalam berkomunikasi dengan anda sehingga menghasilkan komunikasi yang efektif.
Mengirim pesan yang benar yang sudah didesain dan tidak asal-asalan agar pesan mendapat respon positif

  1. Menerapkan Pendekatan Strategi
Memahami strategi perlu proaktif PR perlu merancang strategi PR yang mendukung kerja organisasi. Menyusun tujuan yang berfokus pada peningkatan reputasi perisahaan. Mengidentifikasi audiens yang ditargetkan melalui pendekatan strategi PR  meliputi (pelanggan , staf , media , masyarakat, investor, analisi pasar)
Mencapai tujuan dengan cara menyusun beberapa gagasan untuk membantu merealisasikan tujuan anda. Mendokumentasikan Rencana yang ditulis agar lebih fokus dan terperinci. Menilai tingkat efektivitas merupakan elemen penting dalam stategi PR , tujuan dari pengukuran tersebut adalah untuk mrnentukan apakah tujuan yang dirancang terlah terwujud atau belum.











“MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN DALAM PR”
  1. Berkomunikasi Dengan Staf
Menjaga agar staf tetap mendapat informasi gunakan teknik PR untuk membantu anda , karyawan perlu mengetahui apa yang terjadi dalam organisasinya.
            Membangun dialog yang sebenarnya dengan cara bertukar informasi dan bangunlah komunikasi dua arah yang terbuka antar staf dan pihak manajemen. Menerapkan komunikasi Audit pandangan para staf tentang efektivitas dan komunikasi internal dalam organisasi.

  1. Mempertahankan Reputasi Perusahaan
Menerapkan citra audit gunakan berbagai metode penelitian seperti kuestioner dan kelompok intinya untuk mencari tahu tentang bagaimana audiens memandang.
Menyusun rencana kerja setelah mengetahui kelemahan tersebut dan merancang ide-ide untuk mengembangkan berbagai persepsi kreatif. Membangun Sebuah Reputasi suatu perusahaan dengan cara menciptakan citra yang bagus.

  1. Layanan Konsumen
Memberikan layanan terbaik salah satu cara memperkuat sebuah cerita bagus. Membuat perjanjian dengan konsumen yang memberitahu konsumen tentang apa yang bisa mereka harapkan dari anda
Menjadikan akomodatir yakni aturan atau prosedur dari suatu organisasi terdapat dalam layanan konsumen yang baik.

  1. Merencanakan Kampanye
Mempersiapakan pokok-pokoknya Suatu organisasi dapat berkampanye mengeni isu-isu dari konsumen atau bergabung dengan organisasi lainnya. Memberi nama kampanye anda untuk membantu menghilangkan seperangkat tujuan agar lebih mudah mengidentifikasi.
Menyusun materi kampanye juga harus teratur dan mempersiapkan materi tipe kepustakaan yang bertujuan menjadi sarana informasi dan pendidikan. Membangkitkan Ketertarikan dengan cara menciptakan kesempatan untuk menarik publiksitas dan menyebarkan pesan kampanye.

  1. Mengorganisir Event
Merencanakan  sebuah acara PR yang anda pertimbangkan mulai dari produk dan pembukaan pabrik,toko dan perjalanan media massa. Menetapkan waktu dari sebuah acara dapat ditentukan sebelumnya Menyeleksi panitia perencana untuk melakukan acara besar. Brifing dengan peserta penting dalam acara misalnya pidato .
Memesan tempat disesuaikan dengan suasanan yang diinginkan untuk membadingkan keuntungan dan kerugian. Menyelesaikan berbagai permasalahan hukum dan keamanan dalam menyelenggrakan suatu acara , kita harus mampu membuat peserta yang hadir  merasa nyaman .

  1.  Pameran Saat Acara
Haruskah mengadakan pameran , pameran ini meningkatkan penjualan. Memilih tempat pelaksanaan untuk keberasilan tempat agar menarik audiens. Menempatkan staf anda distan ,papan display baik untuk promosi dtand tapi lebih efektif bila adanya staff di lokasi stand pameran.
Menarik pengunjung ke stan anda dengan cara memberi dooprice atau minuman gratis.

  1. Mengembangkan  Keterampilan Presentasi Anda
Public Relations yang efektif menuntut adanya keterampilan komunikasi yang handal baik satu lawan satu maupun lawan seratus. Belajarlah untuk mempersiapkan presentasi Anda dengan teliti, kalahkan kegugupan Anda, dan taksirlah penampilan Anda dengan jujur setelah presentasi.
Menyiapkan diri untuk presentasi didepan umum merupakan keberasilan suatu presentasi. Mencari berbagai detil cari tahu tempat yang di tata agar audiens menjadi nyaman.

  1. Mengatasi Krisis
Manajemen krisis merupakan salah satu keahlian PR yang penting. Krisis yang dikelola dengan baik dapat memperkuat citra ketimbang menghancurkannya. Identifikasi berbagai krisis yang potensial, susunlah berbagai rencana untuk mengatasi berbagai kemungkinan maka Anda akan tetap tenang meskipun memperoleh guncangan hebat.






















BEKERJA SAMA DENGAN MEDIA
  1. Bersahabat Dengan Media
Kontak yang baik dengan media terkadang menghasilkan suatu jaringan media lebih baik. Dekatilah wawancara – wawancara yang berpengaruh dan pastikan mengenal Anda. Lalu pergunakan hubungan tersebut tanpa tanggung – tanggung untuk mendukung Anda dalam membangun jaringan yang lebih besar untuk organisasi Anda.
  1. Membangun Jaringan
Jaringan media yang kuat dapat memperkuat reputasi organisasi Anda dan membangun kredibilitas dengan audiens penting Anda. Identifikasi cerita – cerita yang layak untuk dijadikan berita, buatlah penyampaian berita yang efektif, dan sertakan juga paket – paket media yang berguna untuk menjamin bahwa Anda akan tampil dalam kolom utama.
  1. Memberi Kesempatan Wawancara Kepada Media
Wawancara dengan media bisa membuat Anda sangat gugup. Persiapkanlah diri Anda dengan sebaik – baiknya dan pelajari bagaimana menjawab pertanyaan – pertanyaan sulit untuk memastikan wawancara tersebut menampilkan Anda dan organisasi Anda sebagai profesional dan penuh sorotan.
  1. Bagaimana Mempublikasikan Foto
Foto yang bagus merupakan sarana publisitas yang bagus. Belajarlah bagaimana menghasilkan foto yang hidup dengan mengidentifikasi berbagai elemen yang termuat dalam cerita foto yang bagus. Lalu hubungi editor foto untuk ‘menjual’ ide tersebut, atau undanglah para wartawan untuk membuat beritanya.
  1. Memonitor Jaringan Media
Setelah sukses meletakkan berita untuk dicetak atau direkam dalam film, langkah berikutnya adalah memastikan bahwa organisasi Anda dipublikasikan dengan konsisten dengan sorotan positif. Buatlah catatan untuk setiap kontak dengan media, telusuri jaringan media tersebut, dan evaluasi kerja Anda.
MEMBUAT PUBLIKASI
  1. Mempersiapkan Publikasi
Membuat dokumen PR misalnya brosur promosi dengan asal – asalan bisa sangat berbahaya. Untuk menghasilkan materi publikasi dengan hasil maksimal dan dengan tekanan minimum, Anda harus merencanakannya dengan cermat dan hal tersebut memerlukan banyak waktu.
  1. Menulis Salinan
Kata – kata yang dipilih dengan tepat dapat menggerakkan emosi dan bahkan mempengaruhi orang untuk mengadopsi pandangan yang berbeda dengan pandangan mereka. Seninya terletak pada pemilihan kata yang tepat.
Tulisan yang efektif selalu mengacu kepada pembaca, menggunakan bahasa yang tidak berbelit – belit, dan direncanakan dengan teliti.
  1. Mendesain Publikasi
Desain publikasi yang menarik sama pentingnya dengan salinan yang ditulis dengan bagus. Kerjakan desain tersebut oleh Anda sendiri, atau pekerjakan seorang desainer grafis profesional atau seorang ilustrator. Anda harus mengetahui bagaimana mengarahkan seorang desainer, memeriksa bukti, dan menentukan efektivitas suatu desain.
  1. Menyusun Fotografi
Fotografer memiliki keahlian di bidang yang berbeda, jadi Anda mungkin akan memakai orang yang berbeda untuk tugas yang berbeda. Beri pengaruh penuh padafotografer Anda. Mulailah dengan tugas yang diberikan. Beritahu mengenai lokasi (di dalam atau di luar ruangan), dan bila perlu susunlah jadwal.
Anda dapat memperoleh foto yang profesional dari perpustakaan gambar yang menyediakan jutaan pilihan gambar-gambar berkualitas tinggi. Meskipun harga seharusnya tidak mempengaruhi fotografer mana yang akan Anda sewa, hal tersebut dapat mempengaruhi pemilihan pada tingkat tertentu.
  1. Mencetak Publikasi
Kebanyakan perusahaan percetakan memperkerjakan sales representatif atau tenaga perantara yang dengan senang hati akan mengunjungi Anda. Cari tahu mengenai perlengkapan dan mesin apa yang digunakan perusahaan tersebut dan apa keuntungannya.
Banyak faktor yang mempengaruhi harga cetakan. Faktor yang berpengaruh diantaranya faktor internal, misalnya berapa banyaknya pesanan dan seberapa besar minat mereka terhadap permintaan Anda.
  1. Menghitung Kemampuan PR Anda
Pemahaman yang cermat terhadap teknik – teknik PR akan membantu Anda membangun citra yang bagus dan menjaga reputasi organisasi Anda. Tes kemampuan Anda dengan menjawab pertanyaan berikut. Jika jawaban Anda “tidak” tandai angka 1 ; jika “sering” tandai angka 4 ; demikian seterusnya.
Jumlahkan skor Anda, dan lihatlah penilaiannya untuk mengetahui kemampuan Anda. Gunakan penilaian tersebut untuk mengidentifikasikan wilayah – wilayah yang perlu dikembangkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar